Jumat, 21 September 2012


Hukum melaksanakan ibadah Akikah adalah sunat Muakkad bagi setiap keluarga yang dikurniakan cahaya mata oleh Allah swt sebagai tanda kesyukuran.Ini dapat digambarkan dengan hadis-hadis Rasulullah saw yang mensyariatkan ibadah tersebut seperti :
"Bersama bayi yang lahir itu Aqiqah, maka kerna itu mengalirkanlah darah (sembelihan) untuknya, dan jauhkan baginya segala kesakitan (godaan syaitan). (Riwayat Al-Bukhari)
“Setiap anak perlu dipajakkan (terhutang) dengan aqiqah, disembelih untuknya pada hari ketujuh umurnya, dan diberi nama dan dicukur rambut kepalanya” ( Riwayat Ashabus Sunan )
Maka , jika dilihat kepada 2 hadis di atas , jelas kepada kita semua betapa dituntutnya dalam Islam untuk dilaksanakan ibadah Aqiqah. Ibadah korban yang disyaratkan akan kemampuan untuk melaksanakannya , sebagaimana sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra :
Barang siapa yang mempunyai kemampuan (untuk berkorban) , tetapi tidak mahu berkorban , maka janganlah ia mendekati tempat solatku”(HR Ahmad : 8256 , Ibn Majah : 3123 , al-hakim : 4/231)

Hadis di atas jelas meletakkan “kemampuan” sebagai syarat bagi seseorang yang ingin melaksanakan ibadah korban.Maka , berdasarkan kepada hujah dan pendapat di atas , dapatlah disimpukan bahwa melakukan atau mendahulukan ibadah akikah adalah yang dituntut dalam Islam.

Ummu Maryam, S.KM
Aqiqah Tangerang Raya

Kamis, 20 September 2012

SATU HARI PUN KAMI SIAP

Selasa, sekitar pukul lima sore, 18 September 2012. Ada panggilan di telepon saya. Pak Yuda, dari Bintaro, meminta 2 paket kambing aqiqah untuk dua orang

putrinya. Pak Yuda meminta Paket Aqiqah tersebut langsung disalurkan ke Pondok Pesantren Darun Najah Ulujami, esok harinya.
Segera Saya berkoordinasi dengan penanggung jawab kandang, agar sesudah magrib memotong dua ekor kambing aqiqah atas nama putri-putri Pak Yuda.
Alhamdulillah...Rabu, 19 September 2012 pukul 9 pagi paket aqiqah, yang masakannya berupa rendang dan gulai kambing untuk makan siang di  Pondok Pesantren

Darun Najah Jakarta Selatan sudah siap. Perjalanan lancar, Paket Aqiqah pun disantap para santri.

Melalui SMS, Pak Yuda memberi kesan : "Terima Kasih banyak Bu. Alhamdulillah sangat memuaskan. Saya sudah memberi referensi ke teman-teman saya..."

Semoga Aqiqahnya berkah Pak... Dan kedua putri Pak Yuda menjadi anak sholehah.

Ingin beraqiqah...?
Hubungi 021 95089675 Nur Aqiqah,
Aqiqah Tangerang Raya. Dan beritahu teman-teman Anda.