Kamis, 06 September 2012

Makna dari Aqiqah

Aqiqah adalah sembelihan yang disembelih untuk anak yg baru lahir. Pengarang kamus Mukhtaar ash-Shihaah mengatakan “al-Aqiqah atau al-Iqqah adalah rambut makhluk yang baru dilahirkan baik manusia maupun binatang.

Hukum Aqiqah adalah sunah muakad sekalipun orang tua dalam keadaan sulit. Aqiqah dilaksanakan Rasulullah saw dan para sahabat. Al-Laits berpendapat wajib demikian pula Daud al-Dzahiri. Hukum-hukum yg berkaitan dengan aqiqah adalah hukum yang berlaku untuk kurban. Hanya saja aqiqah itu tidak diperbolehkan bergabung.

Keutamaannya Aqiqah Dari Samurah ra dari Nabi saw bersabda “Setiap anak yg baru lahir itu tergadaikan dgn aqiqahnya yg disembelih untuknya pada hari yg ketujuhnya. Ia dicukur dan diberi nama.” .


Dari Salman bin Amir adh-Dhabiy ra Nabi saw bersabda “Untuk anak laki-laki aqiqahnya. Tumpahkanlah darah karenanya dan hilangkanlah sesuatu yg menyakiti dari dirinya.” . Aqiqah untuk Anak Laki-Laki dan Anak Perempuan Yang paling baik untuk anak laki-laki itu disembelihkan dua ekor kambing/domba yg sama dan mirip dan umurnya juga bersamaan sedangkan untuk anak perempuan disunahkan satu ekor. Hal ini berdasarkan hadis yg diriwayatkan oleh Ummu Kurz al-Ka’biyah aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda “Untuk anak laki-laki dua kambing yg mirip dan utk anak perempuan satu ekor kambing.”

Akan tetapi apabila kemampuan orang tua hanya satu ekor kambing saja hal itu juga diperbolehkan dan ia sudah mendapatkan sunah yg dilakukan oleh Rasulullah saw. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas dan Anas bin Malik ra seperti di bawah ini “Sesungguhnya Rasulullah saw pernah beraqiqah untuk Hasan satu kambing dan utk Husein satu kambing.” .

Jadi, segera tetapkan pilihan. Anda di wilayah Batu Ceper dan sekitarnya, ingin beraqiqah, Kami menyediakan Jasa Aqiqah di Batu Ceper. Hubungi Nur Aqiqah. 021 95089675

Ummu Maryam, S.KM
Nur Aqiqah, Aqiqah Tangerang Raya

Tagged: , ,

0 komentar:

Posting Komentar